LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SIMBOLIC MODELING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari review artikel yang telah dilakukan adalah untuk mempelajari dan menganalisis minat siswa dalam belajar menggunakan Teknik modeling simbol behavior. Siswa menggunakan google scholar untuk mencari artikel berdasarkan minat belajar mereka. Wawancara, angket, daan dokumentasi adalah Teknik pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi guru bimbingan dan konseling untuk membantu meningkatkan minat belajar melalui layanan konseling kelompok dengan Teknik symbolic modeling yang digunakan.
Downloads
References
Amrah, A. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII DI SMP Negeri 10 Sinjai.
Amir, A. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi dan Bisnis pada Siswa. Jurnal Edukasi Saintifik, 2(1), 50-67.
Chairunnisya, C. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Behavior Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Bandar Lampung (Doctoraldissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Herawati, H., Taufik, T., & Nashruddin, N. (2022). Pengaruh teknik learning contract terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 2(2), 101-112.
Jannah, M., Alam, F. A., & Taufik, T. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 27-38.
Nadila, E. Y., Taufik, T., & Syarif, S. (2021). Analisis Konseling Rational-emotive Behavior Therapy dalam Pendidikan. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 99-110.
Nurasisa, N., & Taufik, T. (2024). Assertive Behavior Of Bullying Victims At UPTD SMP Negeri 5 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4 (2), 132-141.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128.
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Rawe, A. S., & Taufik, T. (2022). Hubungan Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Barru Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 207-216.
Rawe, A. S., & Bahnar, S. H. (2024). Reduksi Kehampaan Anak Fatherless Melalui Peran Konselor. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 58-71.
Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 kota Sungai Penuh.
Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485-2490.
Taufik, T. (2021). Implementing Group Counseling to Change Student’s Insight Pattern about Learning in the Covid-19 Pandemic. JELITA, 2 (1), 59-68.
Taufik, T., Amir, A., & Syukur, N. A. N. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Online Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Sma Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 45-54.


