MENERAPKAN ASAS KEGIATAN BAGI GURU BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DALAM KEBERHASILAN KOMUNIKASI DAN LAYANAN
Abstract
Manusia berperan sebagai makhluk perseorangan dan makhluk kemasyarakatan. Manusia akan selalu memerlukan uluran tangan orang lain dan memerlukan perhimpunan untuk melangsungkan suatu kegiatan. Manusia juga membutuhkan orang lain untuk menghadapi masalahnya. Seseorang yang mempunyai kemahiran dalam disiplin layanan konseling sebagai profesional disebut konselor atau guru Bimbingan dan Konseling. Penggarapan akomodasi Bimbingan dan Konseling diperoleh asas-asas yang semestinya dilangsungkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas program akomodasi Bimbingan dan Konseling. Arah penelitian ini adalah memafhumi pentingnya menerapkan asas kegiatan di Sekolah bagi guru Bimbingan dan Konseling. Metode yang diaplikasikan yaitu metode systematic literature review, dengan mengumpulkan hasil penelitian yang terkait dengan topik. Penelitian mengenai pentingnya aplikasi beberapa asas Bimbingan dan Konseling mendapat hasil bahwa asas kegiatan merupakan asas yang paling tinggi pelaksanaannya, dengan meningkatnya komunikasi pada akomodasi Bimbingan dan Konseling. Asas kegiatan pada manifestasi agenda pelayanan Bimbingan dan Konseling sangat penting. Komunikasi antara konselor dan konseli akan berjalan, dan tujuan Konseling akan tercapai, dikarenakan guru Bimbingan dan Konseling mendorong dan mengajak konseli untuk partisipasi dalam penyelesaian persoalan yang dialami oleh konseli.
Downloads
References
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.
Aisyah, S. (2018). Perlunya Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Education and Development, 4(1), 56–63.
Alam, F. A. (2024). Layanan Kemahasiswaan di Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 43-50.
Alam, R., Trianugrahawati, D., Haryani, S., & Nurlaela, N. (2023). Bimbingan dan Konseling dalam Peningkatan Peran Sekolah. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Albaar, R. (2022). The Principle of Confidentiality in Islamic Guidance and Counseling.
Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 12(2), 184–207.
Daulay, , N, Jahara, A., Mauluddin, A., Rambe, A., & Tambunan, W. S. (2022). Gambaran Pentingnya Menggunakan Asas Kerahasiaan dalam Melakukan Layanan Konseling Individu Di Desa Timbang Lawang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(2), 186–193.
Daulay, N., Muliyani, R. L., Tuzahra, S., Halimah, S. N., Hasibuan, F. H., & Dhani, Z.
N. (2023). Profesionalisme Guru BK dalam Mengatasi Masalah Siswa di MAN 1 Medan. Journal of Social Science Research, 3(5), 5476–5487.
Ermalianti, E., & Ramadan, W. (2022). Penguatan Kompetensi Konselor dalam Memberikan Layanan Bimbingan dan Konseling Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 81–92.
Habsy, B. A. (2017). Filosofi Keilmuan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–7.
Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial pada Ruang Terbuka Publik. National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85–93.
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. PT RajaGrafindo Persada.
Jannah, M., Abdi Alam, F., & Taufik, T. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Uptd Smp Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 27-38. Retrieved from https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/bkmb/article/view/516
Jannah, Y. N. M., & Suharso, S. (2015). Pelaksanaan Asas-asas BK dalam Pelayanan BK Ditinjau dari Persepsi Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(3), 53–58.
Kaltsum, U. (2015). Pengaruh Implementasi Bimbingan dan Konseling terhadap Perilaku Delinkuen pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1– 25.
Kamaludin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.
Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Prinsip dan Asas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54–61.
Mutia, S. (2018). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Journal of Education Sciences and Teacher Training, 7(1), 1–13.
Nadila, E. Y., Taufik, T., & Syarif, S. (2021). Analisis Konseling Rational-emotive Behavior Therapy dalam Pendidikan. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(2), 99-110.
Nurihsan, A. J. (2018). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan.
Refika Aditama.
Pandaleke, T. F. (2020). Peran Komunikasi Sosial Masyarakat dalam Melestarikan Bahasa Daerah Pasan di Desa Rasi Kecamatan Rahatan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 2(3), 1–17.
Purwantiasning, A. W. (2017). Optimalisasi Fungsi Ruang Terbuka Hijau Dengan Melihat Pola Sebaran Pengunjung Studi Kasus: Taman Tabebuya, Jagakarsa. National Academic Journal of Architecture, 4(2), 121–127.
Raminah, S. (2021). Prinsip dan Asas Bimbingan Konseling. Jurnal Osfpreprints, 1–8. Rukmana, E. S. (2021). Membangun dan Memelihara Komunikasi dalam Konselinng.
Journal of Behavior and Mental Health, 2(2), 200–210.
Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi . Journal of Education and Teaching, 1(2), 127– 135.
Sarnoto, A. Z. (2014). Peran Komunikasi dalam Proses Bimbingan dan Konseling.
Jurnal Profesi, 3(2), 54–62.
Siagian, M. R., & Tambusai, K. (2023). Srategi Guru Bimbingan dan Konseling Menumbuhkan Karakter Jujur dan Bertanggung Jawab pada Siswa. Fitrah: Journal of Islamic Education , 4(1), 151–161.
Suryanti, S. (2014). Program Bimbingan dan Konseling di SMP. Jurnal Cemerlang, 2(2), 33–52.
Syafaruddin, Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Perdana Publishing.
Taufik, T. (2021). Implementing Group Counseling to Change Student’s Insight Pattern about Learning in the Covid-19 Pandemic. JELITA, 2(1), 59-68. Retrieved from https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jelita/article/view/75
Taufik, & Amir. (2023). Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 106-119. Retrieved from http://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information System, 1(2), 63–77.
Willis, S. S. (2021). Konseling Individual. Penerbit Alfabeta.



