EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME

  • Utari Ayunda Pratiwi Universitas Tanjungpura
  • Yuline Yuline Universitas Tanjungpura
  • Amallia Putri Universitas Tanjungpura
Keywords: konseling kelompok, solution focused brief counseling, resiliensi, broken home

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan solution focused brief counseling dalam meningkatkan resiliensi siswa broken home di SMP Negeri 1 Sungai Raya. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang mengalami broken home dengan pengambilan sampel sebanyak 6 siswa broken home yang berada pada kategori resiliensi rendah. penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengetahui tingkat resiliensi siswa broken home sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok pendekatan SFBC. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor angket resiliensi siswa broken home sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata persentase sebesar 50% dan setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan sebesar 72% yang masuk pada ketegori sedang. Dari hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t-test didapatkan nilai sig. (2 tailed) 0,002<0,05 . Maka H0 ditolak dan Ha ­diterima, yang artinya terjadi peningkatan resiliensi pada siswa broken home. Dapat disimpulkan bahwa solution focused brief counseling efektif untnuk meningkatkan resiliensi siswa broken home di SMP Negeri 1 Sungai Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Musafiri, M. R., & Umroh, N. M. (2022). Hubungan Optimisme Terhadap Resiliensi Pada Mahsiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi. Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(2), 70–84.

Amir, & Taufik. (2024). PENGARUH ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 30-38. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i1.659

Claudia, F., & Sudarji, S. (2018). Sumber-Sumber Resiliensi pada Remaja Korban Perundungan di SMK Negeri X Jakarta. Jurnal Psibernetika, 11(2), 101–114.

Corey, G. (2013). Theory adn Practice Counseling and Psychotherapy (9th edition). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Diana, L. W., & Muwakhidah. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa SMP Islam Al Amal Surabaya. Helper: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 38(1), 26–34.

Fakhriyani, D. V. (2021). Peran Resiliensi Terhadap Kesehatan Mental: Penyesuaian Psikologis Selama Pandemi Covid-19. International Conference on Islamic Studies , 465–476.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD Duta Sablom.

Islamrinda, K. M., & Setiawati, D. (2018). Studi Tentang Resiliensi Siswa Broken Home Kelas VIII di SMPN 3 Candi Sidoarjo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya , 28–43.

Jannah, M., Alam, F. A., & Taufik, T. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa UPTD SMP Negeri 33 Barru. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 27-38.

Khoiroh, T., Arisanti, K., & Maulidi, K. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Liprak Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 86–90.

Kurniawan, A., Nuraini, P., & Indiati. (2022). The Effect of Group Counseling Services with S.F.B.C Approach on Increasing Adolescent Resilience. Urecol Journal.Part A: Educationand Training, 2(1), 25–34.

Lombu, J., Nugroho, A. R., & Gunawan, R. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok SFBC dalam Meningkatkan Resiliensi Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 322–331.

Maharani, N., Sari, A., & Amanah, S. (2023). Dampak Broken Home terhadap Perilaku Siswa. Journal on Education, 05(02), 2275–2280.

Mistiani, W. (2018). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Psikologis Anak. MUSAWA, 10(2), 322–354.

Mulawarman. (2019). SFBC (Solution Focused Brief Counseling) : konseling singkat berfokus solusi : konsep, riset, dan prosedur. Jakarta: Kencana.

Muta’Aaly, A. Y., Sari, N. P., & Makaria, E. C. (2022). The Efficacy Of The “Miracle Question” and “Exception Question” Techniques In Reducing Academic Burnout. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 5(2), 84–95.

Ningtiyas, A., & Wahyudi. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16.

Novianti, R. (2018). Orang Tua Sebagai Pemeran Utama dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Educhild, 7(1), 26–33.

Ramadhan, A., Kardo, R., & Usman, C. I. (2022). Evaluation of The Implementation of Group Guidance Services At SMA Negeri 2 Merangin. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(2), 105–110.

Reivich, K., & Shatte, A. (2003). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. New York: Three Rivers Press.

Reski Amamalia, Fiptar Abdi Alam, & Taufik, T. (2023). Peran Keluarga Dalam Membentuk Perilaku Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1-13. Retrieved from https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/bkmb/article/view/515

Rostini, R., & Nurjannah. (2021). Teori dan Pendekatan Konseling SFBT (Solution Focused Brief Therapy) Berbasis Islam. At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1), 81–92.

Sari, C. A. K. (2017). Efikasi Diri, Dukungan Sosial, dan Resiliensi. Nusantara Of Research, 04(01), 14–18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syarif, I., & Taek, P. D. Y. H. (2020). Dampak Keharmonisan Keluarga dan Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 113 Pana. Al Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2(1), 30–38.

Taufik, A. (2023). Kontribusi Ayah Dalam Pembimbingan Terhadap Perilaku Moral Anak. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(2), 106-119.

Taufik, T. (2021). Implementing Group Counseling to Change Student’s Insight Pattern about Learning in the Covid-19 Pandemic. JELITA, 2 (1), 59-68.

Willis, S. S. (2013). Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

Published
2025-04-15
How to Cite
Pratiwi, U. A., Yuline, Y., & Putri, A. (2025). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 105-116. https://doi.org/10.56185/jubikops.v5i1.851