DAMPAK POLA ASUH PERMISIF TERHADAP REGULASI EMOSI PADA REMAJA SMP
Abstract
Masa remaja merupakan tahap perkembangan yang kompleks dan rentan, terutama dalam aspek pengelolaan emosi. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kemampuan regulasi emosi remaja adalah gaya pengasuhan orang tua. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dampak pola asuh permisif terhadap regulasi emosi pada remaja SMP melalui studi literatur dari berbagai sumber ilmiah dalam rentang waktu 2015–2025. Ciri utama dari pola asuh permisif yaitu tingginya kebebasan yang diberikan kepada anak tanpa disertai kontrol dan batasan yang jelas, yang berdampak pada lemahnya pengendalian diri dan kesulitan dalam mengelola emosi secara adaptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa remaja yang dibesarkan dengan pola asuh permisif cenderung mengalami peningkatan emosi negatif seperti kecemasan, impulsivitas, agresivitas, serta rendahnya kepercayaan diri dan kecerdasan emosional. Temuan ini menegaskan pentingnya kesadaran orang tua, guru, dan konselor dalam menerapkan pola asuh yang seimbang guna mendukung perkembangan emosional yang sehat pada remaja.
Downloads
References
Ani, S. P. (2020). PENGARUH POLA ASUH PERMISIF ORANG TUA TERHADAP SELF-CONTROL (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambang Kabupaten Muara Enim). Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 56. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.986
Dewi, P. S., & Hartati, S. (2021). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan regulasi emosi pada remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 7(1), 45–52.
Farih, Y. N., & Wulandari, P. Y. (2022). Pengaruh Keberfungsian Keluarga terhadap Regulasi Emosi pada Remaja Awal. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 2(1), 445–455. https://doi.org/10.20473/brpkm.v2i1.34367
Fitriana, L., & Susanto, R. (2020). Hubungan antara pola asuh permisif dengan perilaku agresif anak usia sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 45–53.
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740
Hidayati, I., Mulawarman, & Awalya. (2017). Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Ijgc, 6(4), 27–34. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1087
Khairani, K., & Septania, S. (2024). Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Interaksi Sosial yang dimediasi oleh Self-Disclosure Pada generasi Z. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 11(February 2020), 1–7. https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i1.1070
Kholifah, N., & Sodikin, S. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dan lingkungan teman sebaya dengan masalah mental emosional remaja di SMP N 2 Sokaraja. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 99–108. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.4961
Lase, E. E., & Tumanggor, R. O. (2024). Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 625–629. https://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1088
Lyana Arsianti, Bernadetta Miranti Debora, & Arni Safdiantina. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Remaja Di Smp Kristen Immanuel Grogol. Jurnal Nurse, 5(1), 95–104. https://doi.org/10.57213/nurse.v5i1.114
Maulana, R., & Widodo, S. T. (2019). Gaya pengasuhan dan regulasi emosi pada anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 22–30.
Muetya, sena G., Rifai, M., & santoso, teguh, panji, M. (2025). Peran Kepercayaan Diri Dan Pola Asuh Permisif Terhadap Depresi Remaja Di Denpasar 1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 12(6), 2468–2474.
Muin, S. (2015). Peran Pola Asuh Permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Membolos Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 93. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4477
Ningsih, R. (2019). Pentingnya regulasi emosi dalam pembentukan karakter anak usia dini. Jurnal PAUD Holistik, 4(1), 15–22.
Ramadhani, S., & Hadi, S. (2022). Dampak pola asuh permisif terhadap perkembangan sosial emosional anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak., 10(1), 33–41.
Rawe, A. S., & Bahnar, S. H. (2024). Reduksi Kehampaan Anak Fatherless Melalui Peran Konselor. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 58-71.
Reski Amamalia, Fiptar abdi alam, & Taufik, T. (2023). PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1-13. Retrieved from http://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/bkmb/article/view/515
Rizki, B. L. P., Tri, U., & Rosmawati. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial (Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–9.
Sari, D., & Wahyuni, I. (2021). Regulasi emosi: Landasan penting dalam perkembangan psikologis anak. Jurnal Psikologi Anak Dan Remaja, 5(1), 27–36.
Syakirah, Y. S. (2024). Hubungan antara pola asuh permisif orang tua dengan regulasi emosi pada remaja akhir di Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.
Taufik, & Amir. (2023). KONTRIBUSI AYAH DALAM PEMBIMBINGAN TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 106-119. Retrieved from https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/view/438
Ursula, P. A., & Nisaa, R. D. (2024). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Sikap Agresif Siswa Smp Lab Undiksha. Daiwi Widya, 10(2), 40–57. https://doi.org/10.37637/dw.v10i3.1778
Yusuf, R. N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Dengan Kepercayaan Diri Remaja. Anfusina: Journal of Psychology, 3(2), 191–200.